­

Fasilitas Daerah

Wisata

    1. PROFIL DESTINASI PARIWISATA DAERAH

     

      1. WISATA ALAM

       

        1. BUKIT SULAP RESOR

        Bukit Sulap Resor yang terletak hanya 2 km dari pusat kota adalah tujuan wisata alam berupa bukit besar dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan tumbuh-tumbuhan alami dan indah dan suhu udara dingin. Bukit Sulap sebagai simbol Kota Lubuklinggau karena dapat di lihat di seluruh sisi Kota Lubuklinggau. Dibutuhkan satu setengah jam untuk mencapai puncak bukit dengan berjalan, melewati jalan berbaru dan tanah juga bisa menggunakan inklinator atau kereta miring yang membawa pengunjung / wisatawan ke atas puncak Bukit Sulap. Tantangan cukup bagi wisatawan dan pencinta alam yang mencintai petualangan bukit. Pada Juni 2014 Bukit Sulap Resor digunakan sebagai ajang 20th the Asian Mountqin Bike Championship dan 6th Asian Junior MTB Championship.

         

         

          1. AIR TERJUN TEMAN

          Daya tarik Wisata Air Terjun Temam berlokasi 11 km ke arah selatan dari pusat Kota Lubuklinggau di kawasan Kelurahan Air Temam Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Air Terjun Temam merupakan daya tarik wisata alam yang biasa disebut dengan Niagaranya Indonesia yang air terjunnya bisa dilihat dari berbagai penjuru dengan ketinggian 12 meter yang dikelilingi oleh batu-batuan alam dan kawasan perkebunan karet penduduk, sehingga menjadikan daya tarik wisata ini indah dan menyenangkan bagi wisatawan yang berkunjung kesana. Saat ini Air Terjun Temam telah dilengkapi fasilitas Waterpark yang sangat menarik bagi pengunjung yang datang untuk berekreasi air dengan keluarga. Air Terjun itu sendiri terletak kurang lebih 50 meter dari jalan poros yang menghubungkan dari jalan poros yang menghubungkan antara Kelurahan Air Temam dan Kelurahan Rahma. Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke daya tarik wisata Air Terjun Temam tersebut hanya membutuhkan waktu 30 menit dari pusat Kota Lubuklinggau dengan mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat melalui dua jalan masuk alternatif yaitu jalan masuk ke arah Kelurahan Rahma atau Kelurahan Air Temam dengan kondisi jalan penghubung yang cukup baik.

           

           

            1. AIR TERJUN WATERVANG

            Daya tarik wisata ini adalah bendungan air sungai kelingi yang dibangun oleh Pemerintah Belanda pada Tahun 1941. Fungsi utamanya sebagai pengairan persawahan yang luasnya kurang lebih 8000 Ha yang terletak di kawasan sepanjang Sungai Kelingi Kota Lubuklinggau sampai dengan Kecamatan Tugumulyo dan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas di samping fungsi utama bendungan sebagai pengairan persawahan juga berfungsi sebagai daya tarik wisata yang akan memberikan nuansa tersendiri bagi para pengunjung. Daya tarik wisata ini terletak kurang lebih 5 Km ke arah timur pusat Kota Lubuklinggau, untuk mencapai tempat wisata tersebut hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat dari pusat kota.

             

             

              1. AIR TERJUN TA’LI

              Air Terjun Ta’li merupakan potensi wisata alam lainnya di Kota Lubuklinggau, yang terletak di Kelurahan Taba Baru Kecamatan Lubuklinggau Utara I, air terjun ini terdiri dari empat tingkatan air terjun yang bertautan satu sama lain, pada tingkatan ke empat terdapat goa alam yang sangat mempesona untuk mencapai kawasan air terjun tersebut wisatawan harus menaiki dan menuruni perbukitan yang berjarak kurang lebih 6 Km.

               

               

                1. AIR TERJUN SEI â€“ SANDO

                Air Terjun Sei-Sando merupakan aliran sungai sando anak sungai kasie, yang terletak di Kelurahan Kayu Ara Kecamatan Lubuklinggau Barat II Kota Lubuklinggau. Untuk mencapai tempat wisata kurang lebih 2 km dari pusat kota dengan berjalan kaki yang memakan waktu kurang lebih 60 menit dari Kelurahan Kayu Ara atau dengan kendaraan roda dua memakan waktu sekitar 25 menit, ketinggian air terjun sei sando kurang lebih 7 M menghubungkan air sungai sando anak sungai kasie dengan air sungai kelingi. Lokasi air terjun sei sando masih asli dan dikelilingi oleh keindahan pemandangan alam.

                 

                  1. AIR TERJUN CURUQ LAYANG

                  Air Terjun Curuq Layang merupakan destinasi wisata alam yang masih terjaga alaminya, berlokasikan kurang lebih 20 KM ke arah selatan terletak di Kelurahan Jukung Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Merupakan destinasi wisata alam berupa air terjun dengan ketinggian kurang lebih 6 M dengan dihiasi batu-batu cadas alam yang dapat memanjakan mata para wisatawan. Air Terjun Curuq Layang dapat ditempuh dengan cara berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit dari desa ndeleng yang berjarak kurang lebih 3 KM dari Kantor Lurah Jukung Kecamatan Lubuklinggau Selatan I.

                   

                    1. GUA BATU LERO

                    Salah satu tempat pariwisata yang ada di Kota Lubuklinggau yakni Gua Batu yang berada di pinggir Sungai Lero, dalam Kecamatan Lubuklinggau Timur I atau sekitar kurang lebih 30 menit atau sekitar kurang lebih 3 KM dari jantung kota. Gua Pondok Batu ini merupakan salah satu peninggalan prasejarah pada zaman penjajahan Belanda. Menurut sejarah menyebutkan “Tempat itu dijadikan masyarakat untuk persembunyian saat melawan tentara kolonial belanda”. Gua Batu ini termasuk dalam golongan gua basah. Sedikit penjelasan tentang Gua adalah suatu lubang di tanah, atau di batuan, atau di gunung yang terbentuk secara alamiah. Jadi bentukan-bentukan seperti gua yang dibuat manusia sebenarnya tidak dapat dikelompokkan sebagai gua, tapi lebih tepat sebagai suatu terowongan. Untuk dapat datang dan menikmati pesona alam di gua batu dapat diakses menggunakan kendaraan roda 2 dan 4 untuk sampai gua batu.

                     

                      1. GUA BATU NAGA

                      Gua Batu Naga merupakan destinasi wisata alam yang masih alami dan tergolong dengan Gua Basah, gua batu naga dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 4 dan 2 dengan memakan waktu kurang lebih 40 menit dari pusat kota. Gua Batu Naga berlokasikan di Kelurahan Jukung Kecamatan Lubuklinggau Selatan I dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 M dari kantor lurah Kelurahan Jukung dengan melewati pemandangan alam yang masih alami, perkebunan warga dan jembatan gantung. Menurut cerita rakyat kedalaman gua tersebut mencapai kurang lebih 20 M berada di seberang sungai kati.

                       

                        1. DESTINASI WISATA AIR ARUNG JERAM

                        bagi pecinta olah raga air dan menyukai kegiatan menantang, destinasi wisata air arung jeram dapat dicoba. Start arung jeram dimulai di sungai kelingi Kelurahan Kayu Ara sepanjang kurang lebih 2 km dengan airnya yang cukup deras dan dipenuhi oleh batu-batu besar serta masih jauh dari polusi sehinggga memberikan kesegaran dan kesejukan kepada para wisatawan

                         

                          1. TANAMAN LINGGE

                          Tanaman Lingge merupakan tanaman khas yang dimiliki Kota Lubuklinggau, layaknya setiap daerah Kota Lubuklinggau mempunyai tanaman khasnya masing-masing yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Tanaman Khas dapat menunjukkan karakteristik daerah masing-masing ke khasan suatu tanaman memberikan nuansa keindahan tersendiri dan menjadi kebanggaan bagi warga masyarakat. Tanaman Lingge ini menmpunyai kandungan gizi yang tinggi serta dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan, dimana tanaman ini memiliki ciri khas berbentuk umbi-umbian yang berbuku-buku serta memiliki batang dan tangkai berbatang semu, daun berbentuk seperti daun bunga teratai yang hidup ditempat berair dan berlumpur.

                           

                            1. WISATA SEJARAH

                             

                              1. MUSEUM SRIWIJAYA SUBKOSS GARUDA

                              Museum Sriwijaya Subkoss Garuda merupakan perjuangan rakyat Sumatera Selatan, didirikan untuk mengenang dan melestarikan nilai-nilai perjuangan yang telah dilakukan oleh rakyat Sumatera Selatan. Museum Sriwijaya Subkoss Garuda ini menempati bangunan ex-rumah dinas Bupati Kabupaten Musi Rawas yang peresmiannya pada tahun 1988 sebagai Museum Perjuangan dengan arsitektur tradisional. Di museum ini terdapat kurang lebih 184 koleksi barang-barang bersejarah yang pernah dipakai atau digunakan oleh para pejuang pada pertempuran untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dari kaum penjajah. Koleksi barang-barang yang dimiliki oleh museum ini antara lain : Lokomotif Kereta Api, Mobil Jeep STD, Tombak, Senjata Api, dll.

                               

                                1. WISATA RELIGI

                                 

                                    1. MASJID AGUNG LUBUKLINGGAU

                                  Masjid Agung Kota Lubuklinggau, tidak hanya memiliki tempat wisata alam yang indah, namun di kota ini anda juga bisa berkunjung ke tempat wisata spiritual seperti Masjid Agung As-salam, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Agung Lubuklinggau. Di halaman depan Masjid terdapat air mancur yang menari-nari di waktu kumandang Adzan, serta 40 buah pilar tiang masjid menggambarkan usia Nabi Muhammad SAW menjadi Rosul. 63 pohon kurma menggambarkan usia Nabi Muhammad SAW. Terdapat juga kantin duafa Islamic Center (Kantor bersama Lembaga Islam). Menara kembar yang salah satu menaranya dapat dinaiki oleh jamaah untuk melihat Kota Lubuklinggau dari ketinggian.  

                                   

                                    1. WISATA BELANJA

                                     

                                      1. KIOS SOUVENIR

                                      Pembangunan kios souvenir di simpang RCA Kelurahan Jawa Kanan Kecamatan Lubuklinggau Timur II baru diresmikan oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan yang dikelola Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Lubuklinggau dengan melibatkan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Lubuklinggau. Kios souvenir ini adalah pusat penjualan souvenir hasil kerajinan binaan Dekranasda Kota Lubuklinggau.