Berita

SiMaya Merupakan Surat Menyurat Secara Elektronik

2017-11-02 07:59:13 Admin Web Portal


DALAM rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses serta mekanisme kerja atau prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan, pemerintah kota Lubuklinggau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Lubuklinggau melaksanakan sosialisasi dan penerapan aplikasi e-Goverment di lingkungan pemerintah kota Lubuklinggau atau sistem administrasi perkantoran maya (SiMaya). Kamis, 2 November 2017.


Acara yang digelar di ruang rapat Op Room Moneng Sepati, kantor walikota Lubuklinggau tersebut dibuka langsung oleh Sekda Kota Lubuklinggau H A Rahman Sani dan dihadiri oleh Kepala Diskominfo Lubuklinggau Erwin Armeidi, Kepala Diskominfo Muratara AL Azhar, dan Kepala Diskominfo Musi Rawas, Bambang Hermanto serta sejumlah kepala OPD di lingkungan pemerintah kota Lubuklinggau.


Kegiatan sosialisasi tersebut meghadirkan narasumber dari kementrian kominfo RI yakni Bambang Dwi Anggono kasubdit teknologi dan infrastruktur E-Goverment dan Hasyim Gautama Kasubdit aplikasi layanan kepemerintahan yang memberikan materi masing masing tentang Teknologi dan Infrastruktur e-Goverment dan Aplikasi Layanan Kepemerintahan (SiMaya).


Kepala Diskominfo Kota Lubuklinggau Erwin Armeidi mengungkapkan bahwa kegiatan ini di dasari undang-undang no. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, sebagai salah satu upaya nyata dalam memajukan pemikiran dan kemampuan dalam bidang penggunaan dan pemanfaatan teknlogi informasi, pp no. 82 tahun 2012 tentang penyelenggaraan sistem transaksi elektronik, inpres no. 03 tahun 2003 tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses (penyelenggaraan) pemerintahan, se menpan no.05 tahun 2013 tentang aplikasi  tata naskah dinas elektronik (TNDE)  pada instansi pemerintah.




“Berbicara masalah sistem pemerintahan elektronik (e-government). Kita tidak hanya berbicara tentang aplikasi e-government nya saja tetapi kita juga perlu memperhatikan tentang teknologi dan infrastruktur e-governmentnya,” terang Erwin.


Karena menurut dia, kedua hal tersebut merupakan dua hal penting yang saling berkaitan.  Sebuah sistem aplikasi e-government dapat berjalan dengan baik jika seluruh infrastruktur  TIK nya sudah berjalan dengan baik pula. Dalam pengembangan sistem pemetintahan elektronik (e-governtment), kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi bekerja sama dengan kementerian komunikasi dan informatika telah mengembangkan sistem administrasi perkantoran secara elektronik yang terintegrasi.


“Aplikasi ini disebut dengan simaya yaitu sistem administrasi perkantoran maya yang merupakan aplikasi e-office yang telah disempurnakan dari aplikasi e-office sebelumnya. Simaya merupakan proses kegiatan surat menyurat yang dilakukan secara elektronik dengan mengakses internet,” bebernya.(Admin)





Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1740
  • Kemarin 1913
  • Minggu ini 23734
  • Bulan Ini 25698
  • Total 1145840

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?