Berita

Nobel: Perumahan Haruslah Memenuhi Kearifan Lokal dan Karakteristik

2019-11-01 02:28:36 Admin Web Portal


Nobel: Perumahan Haruslah Memenuhi Kearifan Lokal dan Karakteristik

LUBUKLINGGAU-Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembanguan Setda Kota Lubuklinggau, H Nobel Nawawai memimpin rapat pembahasaan Dokumen Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (RP3KP) bersama pihak konsultan di Op Room Dayang Torek, Kamis (31/10/2019).

Dalam kesempatan itu Nobel Nawawi mengatakan membahas masalah perumahan, tentu menyangkut soal dinamis. “Banyak dari kita terbiasa bekerja berdasarkan contoh. Membahas soal pemukiman merupakan karekteristik sebuah daerah. Konsep kawasan perumahan termasuk akar dari tata ruang di Kota Lubuklinggau,” ujarnya.

Di Indonesia, sudah banyak perumahan dan harus disinergitas. Dalam hal ini Kota Lubuklinggau termasuk kawasan strategis baik dari segi budaya maupun pertanian.

“Nah dari pertanian ini, bisa membentuk karekteristik pemukiman. Yang kita lihat adalah akses, konektifitas dan aktifitas perumahan itu sendiri. Membangun perumahan harus lah dilihat dari aspek transportasi. Karena bila perumahan itu padat, tentu saja bisa menimbulkan kemacetan. Jadi pola pembanguan perumahan harus lah melihat sebab, akibat dan dampak kedepan pembuatan perumahan dan permukiman,” terangnya.

Dikatakannya perumahan haruslah memenuhi kearifan lokal dan karekteristik perumahan. “Kita berharap semoga menjadi solusi strategis untuk permasalahan perumahan di Kota Lubuklinggau dan semoga program ini bisa menjadi konsep menjadi Lubuklinggau menjadi Kota Metropolis Madani,” imbuhnya.

Selanjutnya sambung Nobel, jika sudah memiliki data, tentu kita bisa membedah kawasan itu sekaligus mengetahui kekurangan maupun apa yang akan dibangun dikawasan tersebut. Misalnya kawasan pertanian, perindustrian, perumahan dan permukiman.

Terhadap pihak konsultan, Nobel menyampaikan dari rapat ini banyak menyinggung soal data. Maka dari itu, kedepan datanya harus update dan sesuai parameter agar hasil analisanya benar dan bisa dipertanggungjawabkan.


Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kota Lubuklinggau, Trisko Defriansyah mengatakan paparan yang disajikan ini berdasarkan data primer terkait dengan data perumahan dan permukiman. Sedangkan data sekunder menyangkut kebijakan pembanguan RPJMD dengan kebijakan tata ruang Kota Lubuklinggau.
Data dan informasi tentang kebijakan pembangunan dan pengembangan perumahan kawasan permukiman tiap kelurahan/ desa dalam wikayah kota dan data izin lokasi pemanfaatan tanah kawasan permukiman yang berada dalam wilayah kota dan analisi data.
“Rencananya kita akan mendapatkan bantuan dari pusat untuk pembangunan tol dari Muara Enim sampai Bengkulu. Pembangunan tol ini harus dilihat apakah menggangu kawasan perindustrian, perumahan dan permukiman atau tidak,” katanya.

Soni Agustiansyah dari pihak konsulatan memaparkan kedepan pihaknya menginginkan konsep sepertu ini dan hasil dari diskusi tersebut untuk perencanaan.
Terkait pembangunan perumahan, tentu dimulai dari kondisi ekosistim saat ini dengan tujuan proses pembangunan perumahan dan permukiman betul-betul akan lebih baik.

Dokumen-dokumen ini menurut dia, merupakan dasar pengembangan perumahan dan permukiman ke depan. “Lingkup kerja kami mencakup wilayah Kota Lubuklinggau. Yang kami pakai adalah RP3KP dan harus dikoordinasikan secara lintas sektoral,” terangnya.

Tujuan dan prinsip RP3KP ada empat yakni mewujudkan pembangunan dan pengembangan PKP, mewujudkan SPM bidang perumahan rakyat, menunjang pembanguan ekonomi-sosial-budaya dan pemberdayaan pemangku kepentingan.

Penyusunan RP3KP harus mempertimbangkan aspek ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, teknologi dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia, pendekatan pengembangan wilayah terpadu, peran dan fungsi kawasan perkotaan, peran dan fungsi kawasan perdesaan, keterkaitan antara perkotaan dan antara kawasan perkotaan dengan kawasan pedesaan, keterpaduan antara perumahan dan kawasan permukiman dengan lingkungan buatan serta daya dukung lingkungan alami dan pemenuhan kebutuhan rumah bagi penduduk kawasan perkotaan dan kawasan perdesan.

Sarana prasarana perumahan harus melihat prasarana dan syarat pendukung seperti harus ada Puskesmas, tempat ibadah, taman hijau serta peningkatan fungsi, kualitas dan kuantitas PSU.

“Jika dilihat dari pertumbuhan penduduk Kota Lubukkinggau, menurut analisis daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup serta optimasi pemanfaat ruang, Kota Lubukkinggau masih bisa dikembangkan lagi,” ucapnya.
Terkait akurasi data sambung Soni, memang datanya dari BPS dan data 2017, tetapi data itu bukan data terupdate. Untuk itu pihaknya siap mengupdate lagi datanya ke dinas terkait.

Kepala Bappeda Kota Lubuklinggau melalui Kabid Perekonomian, SDA dan Pengembangan Wilayah, Azman AD menyampaikan sayang sekali pihak konsultan tidak memiliki data, mengenai apa yang harus dikembangkan di perumahan. Akibatnya pihak perumahan bingung apa yang harus mereka perbuat untuk membantu proses pembangunan di Kota Lubuklinggau.

Camat Lubuklinggau Timur II, Ongki Pranata menyampaikan mengenai data Puskesmas, itu termasuk urusan Dinas Kesehatan. Mengenai data kependudukan yang masih menggunakan data 2017 seharusnya menggunakan data yang valid. Pihak konsultan data-datanya harus meminta data ke dinas terkait agar penyampaian datanya harus lah benar dan update. 




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1722
  • Kemarin 1754
  • Minggu ini 30302
  • Bulan Ini 7782
  • Total 1878681

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?