Berita

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, H A Rahman Sani membuka kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat)

2019-03-04 01:50:48 Admin Web Portal


Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, H A Rahman Sani membuka kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) dan Optimalisasi Apoteker Agent of Change di Hotel Burza Kota Lubuklinggau, Kamis (28/02/2019). Kegiatan ini bertujuan mendukung Germas di kabupaten dan kota se-Sumsel.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau Idris, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, serta para peserta dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Ikatan Dokter Indonesia, organisasi wanita, serta organisasi mahasiswa dan pemuda.

Dalam kesempatan ini, Sekda yang membacakan sambutan Walikota Lubuklinggau mengatakan, penggunaan obat bebas secara berlebihan di kalangan masyarakat masih terjadi. Hal ini akibat masih kurangnya pemahaman cara menyimpan, membuang yang sudah kadaluarsa, dan menggunakan dengan benar.

"Masyarakat tidak memperoleh informasi yang cukup serta tidak memadai terhadap penggunaan obat. Maka kondisi tersebut dapat menjadi bumerang bagi masyarakat itu sendiri karena dapat memicu resistensi terhadap obat. Untuk itu, peran kita sebagai pemerintah melakukan hal konkrit dan komprehensif dalam mengatasi hal ini. Sehingga dapat mengurangi penggunaan obat kurang tepat dan tidak rasional pada masyarakat kita," ungkapnya.

Saat ini, kasus yang terjadi pada masyarakat mengenai penyalahgunaan obat, diantaranya mulai dari keracunan, overdosis, hingga menyebabkan kematian. Dalam hal ini, apoteker dapat menjadi mitra yang sinergis dalam mengoptimalkan pelayanan kefarmasian bagi masyarakat. Apoteker harus berkontribusi secara signifikan dalam menyosialisasikan Gema Cermat agar masyarakat sadar pentingnya penggunaan obat secara benar.

"Kegiatan ini sangat relevan terhadap pengembangan Kota Lubuklinggau. Ke depannya diharapkan kota ini menjadi kota yang nyaman dan aman bagi seluruh elemen masyarakat," tandasnya.

Sementara, Rizal, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel mengharapkan para peserta agar dapat menyampaikan kepada keluarga, kerabat dan masyarakat di lingkungannya, tentang pentingnya menggunakan obat dengan benar.





Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1760
  • Kemarin 1947
  • Minggu ini 19885
  • Bulan Ini 48591
  • Total 1264586

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?