Berita

//

Sekda Pimpin Pembahasan Rencana Perpindahan Kantor Disdukcapil

2024-01-11 00:53:37 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Sekda Kota Lubuklinggau, H Tamri memimpin rapat pembahasan rencana perpindahan gedung kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Lubuklinggau ke lingkungan eks Pemkab Musi Rawas (eks Gedung Universitas Musi Rawas) di ruang rapat Lantai 3 Perkantoran Pemkot Lubuklinggau, Rabu (10/01/24).
Kepala Disdukcapil Kota Lubuklinggau, Muhammad Ikbal dalam kesempatan itu mengatakan latar belakang perpindahan kantor ini adalah karena jumlah penduduk Kota Lubuklinggau yang semakin bertambah hingga 239.523 jiwa (Data Konsolidasi Bersih Semester I Tahun 2023).
“Itu artinya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan semakin tinggi,” tandasnya.
Pertimbangan lainnya sambung Ikbal, banyak keluhan masyarakat yang disampaikan secara lisan kepada petugas Disdukcapil mengenai jauhnya jarak tempuh dari pusat kota ke tempat pusat layanan.
“Penilaian kepatuhan standar pelayanan publik oleh KemenPAN RB dan Ombudsman RI juga mengalami penurunan akibat jauhnya pusat layanan ini,” tambah dia.
Disdukcapil Kota Lubuklinggau adalah perangkat daerah yang membidangi urusan adminduk (Permendagri Nomor 14 Tahun 2020, Perda Kota Lubuklinggau Nomor 7 Tahun 2021, Perwal Kota Lubuklinggau Nomor 40 tahun 2014, Perwal Kota Lubuklinggau Nomor 34 Tahun 2022), berada jauh dari pusat kota dan belum sesuai standar pelayanan publik.
Terkait gedung kantor Disdukcapil ini, diperlukan surat keputusan (SK) wali kota tentang Penetapan Lokasi Gedung Kantor Baru Disukcapil sebagai dasar pengajuan surat ke Dirjend Dukcapil Kemendagri untuk penentuan titik Jarkomdat gedung baru.
Sekda Kota Lubuklinggau, H Tamri dalam arahannya mengatakan untuk Disdukcapil agar membuat surat sebagai dasar pembuatan SK dan mengingat hal tersebut urgensi dan prioritas maka sudah dianggarkan untuk gedung.
Diperkirakan pada Maret nanti sudah bisa dilaksanakan. Untuk tata letak gedung diharapkan ada nuansa daerah Kota lubuklinggau.
“Semoga dengan perpindahan gedung kantor Disdukcapil, kedepan dapat memberikan pelayan publik yang lebih baik bagi masyarakat Kota Lubuklinggau,” imbuhnya.(*/mol)




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 808
  • Kemarin 1548
  • Minggu ini 19744
  • Bulan Ini 33650
  • Total 871514

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?