Berita

//

Pj Wako dan Forkopimda Panen Raya Padi dan Semangka

2024-01-10 01:09:40 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa melakukan panen raya padi di Kelurahan Eka Marga, Kecamatan Lubuklinggau Selatan ll, Selasa (9/1/2024).
Kegiatan diawali dengan panen raya padi, dilanjutkan panen semangka di Bumi Perkemahan Kelurahan Rahma Kecamatan Lubuklinggau Selatan l.
Dalam sambutannya, H Trisko Defriyansa mengatakan Kota Lubuklinggau harus mempertahankan lahan pertanian yang ada, pengendalian hama harus ditingkatkan dan komoditi petani padi juga mesti dipertahankan.
“Beras atau padi adalah kebutuhan pokok masyarakat. Namun yang perlu diperhatikan adalah para petani harus memiliki daya saing tinggi dengan cara memperbaiki kualitas packing beras dan teknologi pertanian yang sudah ada,” ujarnya.
Mengenai gerakan menanam padi yang dilakukan, menurutnya sudah tepat karena memikiki banyak komoditi. Tinggal bagaimana cara mempercepat masa tanam dan masa panennya saja.
“Terima kasih kepada para petani yang masih memfungsikan lahan pertaniannya untuk menanam padi dengan tidak mengalihkan menanam tanaman lain maupun budidaya ikan. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Bank Sumsel yang telah menjalankan program KUR buat petani. Semoga kedepan program KUR ini terus ditingkatkan,” ucapnya.
Sedangkan mengenai panen semangka, ada dua jenis semangka yakni semangka merah dan kuning dengan luas lahan enam hektar.
Dirinya berharap lahan yang ada seharusnya dimanfaatkan juga untuk menanam cabai dan jagung.
Sementara Kepala Dinas Pertanian, Eka Ardi Aguscik menyampaikan pihaknya telah membagi tenaga penyuluh pertanian dalam tiga kelompok.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya menurunkan angka inflasi dengan cara percepatan tanam sedangkan menganai panen padi maupun lainnya sudah dimulai pada Desember 2023 lalu.
“Penyuluh pertanian sudah bekerja optimal dengan menjalankan beberapa program diantaranya program pinjaman KUR, penyuluhan mengatasi hama dan giat usaha,” tandasnya.
Kemudian, Dinas Pertanian juga membangun 15 irigasi serta jalan usaha tani dengan sumber dana bantuan dari Gubernur Sumsel.
Kegiatan dilanjutkan dengan panen semangka di Bumi Perkemahan Kelurahan Rahma Kecamatan Lubuklinggau Selatan l.
Ikut hadir Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha, Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Kunto Adi Setiawan, Ketua DPRD, H Rodi Wijaya, Asisten, kepala OPD dan camat.(*Acm/AAF/ Wms).




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1810
  • Kemarin 1960
  • Minggu ini 0
  • Bulan Ini 51300
  • Total 889163

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?