Berita

//

Wako Terima Kunker Tim Prakerja Beasiswa Pelatihan Kemenko Perekonomian RI

2023-08-17 07:47:20 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menerima kunjungan kerja Tim Prakerja Program Beasiswa Pelatihan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI di Kota Lubuklinggau, Rabu (16/8/2023).
Dalam pertemuan itu, Wako menyampaikan Pemkot Lubuklinggau menyambut baik kunjungan Tim Prakerja Program Beasiswa Pelatihan ke Kota Lubuklinggau, apalagi tujuannya adalah untuk mensosialisasikan program kartu prakerja dan menyampaikan data jumlah persebaran penerima kartu prakerja di Kota Lubuklinggau.
"Semoga program ini bermanfaat dan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pekerjaan dengan memberikan pelatihan sehingga nantinya mereka mampu bersaing di dunia kerja,” imbuhnya.
Dilihat dari data masyarakat yang menganggur banyak di usia sekolah menengah keatas dengan rata-rata di usia 15-25 tahun.
Menurutnya, kendala utama yang ada di Kota Lubuklinggau adalah akses internet. Karena sampai saat ini masih ada daerah yang blank spot atau wilayah yang belum tersentuh akses sinyal komunikasi seperti jaringan internet.
Dari 72 kelurahan dalam wilayah Kota Lubuklinggau, ada enam kelurahan yang masih blank spot.
Dikatakan Wako, akses internet sangat berguna untuk masyarakat terutama di era sekarang dalam mencari kerja dan melatih pengetahuan karena di google semua pengetahuan ada.
"Pemkot Lubuklinggau sudah bekerjasama dengan ICONNET (internet PLN) guna memperlancar internet dan memberikan bantuan internet berupa wifi bagi daerah yang masih susah dalam mengakses internet,” ungkapnya.
"Bagi masyarakat yang mau mengikuti pelatihan bisa daftar langsung ke www.prakerja.go.id".
Sementara Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Denni Puspa Purbasari menyampaikan pelatihan prakerja dilakukan secara online, peserta mendaftar secara mandiri di www.prakerja.go.id.
Setelah mengikuti pelatihan, peserta akan mendapatkan serifikat yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.
Awalnya mereka akan mendapatkan insentif Rp 3 juta untuk digunakan mendaftar paket pelatihan, selanjutnya peserta akan mendapatkan paket data dan setelah itu mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000 yang akan ditransfer ke rekening BNI, BCA, E-Wallet, Ovo, LinkAja, Gopay dan dana.
Di tahun 2023 yang paling banyak minat pelatihannya adalah pengolahan e-commerce, brand development, startegi di media sosial, teknik pengolahan waktu, peningkatan keahlian pemecahan masalah, belajar kepemimpinan,
Setelah itu, pembuatan video kreatif, pemasaran via media sosial, teknik memotret makanan, teknik edit foto dengan photoshop dan canvas, teknik edit video dengan premier, perancangan desain Ul/UX, membangun dan mengembangkan website, manajemen data dengan database, belajar python dan visualisasi data.
"Dari 8 kecamatan di Lubuklinggau dilihat data penyebaran kartu prakerja dari 2020 sampai 2023 kecamatan Lubuklinggau Selatan ll yang paling banyak mengikuti program kartu prakerja,” paparnya.
Ikut mendampingi wali kota, Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kahlan Bahar dan Kasat Pol PP Lubuklinggau Walyusman.(*Acm).




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1428
  • Kemarin 2250
  • Minggu ini 30749
  • Bulan Ini 73867
  • Total 995596

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?