Berita

Wawako Hadiri Diskusi Hasil Peninjauan Asistensi Kampung Tangguh

2022-09-22 06:42:05 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Pemerintah Kota Lubuklinggau bersama Polres Lubuklinggau melaksanakan kegiatan Tatap Muka dan Diskusi Terkait Hasil Peninjauan Asistensi Kampung Tangguh Anti Narkoba dan Anti Radikalisme di Kota Lubuklinggau di Auditorium Sinema Lt.5 Gedung Pemerintah Kota Lubuklinggau, Kamis(22/9/2022).
Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar dalam sambutannya menerangkan kampung tangguh ini terbentuk di Kota Lubuklinggau untuk memaksimalkan dalam memberantas narkoba dilingkungan masyarakat. "Kampung tangguh ini bertujuan memberantas berbagai penyakit masyarakat seperti peredaran gelap narkoba. Terlebih Kota Lubuklinggau merupakan Kota transit yang berpotensi menjadi tempat transaksi peredaran gelap narkoba," kata Wawako.
Selain itu, disampaikannya kampung tangguh ini juga menekan peredaran narkoba yang meruntuhkan sendi-sendi perekonomian ditengah masyarakat. "Kita harapkan dengan adanya kampung tangguh ini peredaran narkoba dapat berkurang dari tahun ketahun. Paling tidak membatasi gerak peredaran narkoba dalam wilayah Kota Lubuklinggau," harapnya.
Wakil Direktur (Wadir) Intelkam Polda Sumsel, AKBP Dwi Mulyanto menerangkan, Strategi Mewujudkan Harkamtibmas dilaksanakan berbagai pencegahan preventif yakni Sosial dengan mencari akar permasalahannya, Kemasyarakatan dengan sosialisasi dan penyuluhan serta Situasional dilaksanakan dengan situasi tertentu.
Dijelaskannya, saat ini bukan hanya narkoba yang menjadi ancaman tetapi juga beredarnya Paham Radikal (Radikalisme) yang anti terhadap Pancasila dan tidak cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Seperti paham Khilafatul Muslimin, Negara Islam Indonesia (NII) dan juga Al-Haq yang merupakan kumpulan ibu-ibu yang merupakan pecahan dari NII.
Strategi yang dilakukan yakni Perbaikan Kualitas SDM Pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) melalui pemberdayaan tempat ibadah, Perbaikan infrastruktur dengan perbaikan fasum dan fasos, Peningkatan ekonomi kawasan dengan melaksanakan pelatihan UMKM dan pemberdayaan masyarakat serta Peningkatan keamanan kawasan dengan melakukan peningkatan kehadiran petugas keamanan.
Sementara, Hasil Ceklis oleh Tim Asistensi Polda Sumsel di Kota Lubuklinggau terdiri dari Kampung Tangguh Anti Narkoba Kelurahan yaitu Kelurahan Cereme Taba Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Taba Jemekeh Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kelurahan Marga Rahayu Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kelurahan Mesat Jaya Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Kelurahan Taba Koji Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Sementara untuk Kampung Tangguh Anti Radikalisme yakni KelurahanTanjung Indah Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kelurahan Pelita Kecamatan Lubuklinggau Barat II dan Kelurahan Sukajadi Kecamatan Lubuklinggau Barat I.
Hadir juga diacara ini, Wakapolres, Kompol Muda Parlaungan Nasution, Kasdim, Mayor Inf Nur Sigit Prasetya Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dari kecamatan se-Kota Lubuklinggau.(*/jsh)




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 915
  • Kemarin 2842
  • Minggu ini 48749
  • Bulan Ini 3757
  • Total 1874656

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?