Berita

Wako Kukuhkan 360 Pemangku Adat se Kota Lubuklinggau

2022-08-04 12:45:24 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe secara langsung mengukuhkan 360 orang pemangku adat dari 72 kelurahan se Kota Lubuklinggau, pengukuhan dilaksanakan di gedung kesenian sebiduk semare kota Lubuklinggau. Kamis (4/8).

Dalam sambutannya, Nanan, sapaan akrab Wali Kota Lubukkinggau mengatakan bahwa keberadaan lembaga pemangku adat di Kota Lubukkinggau sangat penting, terutama dalam menjaga kota Lubuklinggau sendiri.

"Baik dari serangan internal maupun eksternal, seperti serangan eksternal misalnya budaya-budaya dari luar yang bisa merusak tatanan masyarakat kota Lubuklinggau," kata dia.

Suami Hj Yetti Oktarina ini juga mengatakan bahwa pemangku adat dibentuk sejak 10 tahun lalu sejak periode pertama dirinya bersama H Sulaiman Kohar, Wakil Wali Kota Lubuklinggau.



"Apapun itu, tentu kehadiran pemangku adat ini untuk menggali dan mencari potensi adat istiadat dan untuk menjaga Lubuklinggau agar tetap kondusif,," ungkap Ayah empat orang anak ini.

Sementara,  H A Rahman Sani, Ketua Pemangku Adat Lubuklinggau dalam sambutannya mengatakan lembaga lembaga pemangku adat merupakan organisasi kedaerahan yang memiliki kewajiban untuk menggali dan melestarikan, serta perlindungan dan pengembangan adat istiadat.

"Total 360 orang, dibagi setiap kelurahan 5 orang. Sebelumnya kita sudah MoU dengan kapolres tentang masalah yang ada di masyarakat, kalau kasusnya kecil, tidak usah sampai sidang ke pengadilan, cukup selesai dengan adat saja, kemudian juga bersama kejaksaan negeri sudah launching rumah justice, artinya kasus yang kecil dan bisa ditangani pemangku adat, akan diselesaikan di tingkat pemangku adat saja, namun kasus yang baru pertama, tapi kalau sudaj berulang itu tidak bisa," beber mantan sekda Lubuklinggau tersebut.(*aaf)




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1210
  • Kemarin 8579
  • Minggu ini 45392
  • Bulan Ini 27199
  • Total 1766325

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?