Berita

Kadis Kominfo Pimpin Rapat Pengintegrasian Aplikasi OPD Dilingkungan Pemkot Lubuklinggau

2021-07-01 13:03:40 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi memimpin rapat pengintegrasian aplikasi OPD di Command Center, Lantai 4 Gedung Pemerintah Kota Lubuklinggau, Kamis (1/7).
Hal ini didasari masih terkotak-kotaknya aplikasi maupun data yang ada dalam suatu pemerintahan sehingga dinilai kurang efisien dan efektif.
Untuk itu, perlu adanya pengintegrasian aplikasi-aplikasi yang ada menjadi satu aplikasi dalam dalam rangka memperkuat konsep Smart City di Kota Lubuklinggau.
Dalam kesempatan tersebut, Erwin Armeidi menjelaskan maksud dari pengintegrasian adalah bagaimana aplikasi-aplikasi yang ada di masing-masing OPD terintegrasi dalam satu aplikasi atau satu dashboard.
Sehingga nantinya terkoneksi dalam sebuah aplikasi untuk melihat atau menggunakan aplikasi-aplikasi terkait maupun data-data yang ada di masing-masing OPD.
Selama ini, kata Erwin, aplikasi-aplikasi yang dimiliki OPD masih bersifat tersendiri. Artinya, untuk mengakses aplikasi-aplikasi tersebut, harus membuka akses di portal masing-masing OPD sehingga kurang optimal.


“Tetapi dengan adanya pengintegrasian, cukup mengunjungi satu aplikasi saja untuk mengakses ke berbagai aplikasi yang dimiliki OPD,” terang dia.
Dirinya juga berharap kedepan jika ada inovasi baru dalam pembuatan aplikasi bisa dikomunikasikan dengan Dinas Kominfo ketika membangun aplikasi. Sehingga pengintegrasian aplikasi tersebut lebih mudah.
Nantinya setelah pengintegrasian, tentu bisa dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat dengan satu aplikasi atau satu dashboard.
Sementara itu, Jauhari, selaku pengembangan aplikasi portal Smart City menjelaskan inovasi-inovasi yang diciptakan oleh masing-masing OPD yang selama ini hanya bisa dilihat oleh OPD bersangkutan.
Ke depan seluruh aplikasi dan inovasi OPD-OPD yang ada cukup dilihat di satu aplikasi atau satu dashboard saja tanpa harus menghilangkan aplikasi yang ada di OPD masing-masing,” pungkasnya. (*)




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1425
  • Kemarin 1698
  • Minggu ini 22439
  • Bulan Ini 41933
  • Total 1206833

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?