Berita

Wawako Sampaikan Jawaban Eksekutif • Atas PUF Dewan

2021-06-09 01:32:16 Admin Web Portal

LUBUKLINGGAU-Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar menyampaikan Jawaban Eksekutif Atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi (PUF) Dewan terhadap Raperda Nota Keuangan dan Laporan Pertanggungjawaban APBD Kota Lubuklinggau Tahun 2020 di Gedung DPRD Kota Lubuklinggau, Selasa (8/6).
Dalam jawabannya Wawako mengatakan terima kasih kepada dewan terhormat yang telah memberikan kesempatan kepada eksekutif untuk menyampaikan jawaban atas PUF Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai PKS, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Nasdem serta Fraksi Kebangkitan Bintang Hati Nurani.
Dalam kesempatan itu, Wawako juga mengucapkan terima kasih terhadap apresiasi Fraksi-fraksi Dewan atas prestasi Pemkot Lubuklinggau meraih predikat WTP 10 kali berturut-turut dari BPK RI Perwakilan Sumsel.
Terkait Pemandangan Umum Fraksi Partai Golkar yang menyoroti masalah masih ada serapan anggaran di OPD yang belum maksimal, Wawako menjawab akan membahasnya kembali dengan mitra kerja.

Mengenai tranparansi dan akuntabilitas proses migrasi BPJS menjadi program UHC merupakan kelanjutan dari BPI (Penerima Bantuan Iuran) bagi fakir miskin dengan total BPI sebanyak 77.173 jiwa yang sudah terakomodir sebanyak 75.861 jiwa (98,13%) akan tetap menjadi perhatian pihak eksekutif.
Wawako juga mengucapkan terima kasih atas saran agar pemerintah dapat menyediakan dana tanggap darurat untuk alam mengatasi terjadinya banjir. Mengenai hal ini, menurut Wawako pemerintah sudah menganggarkan belanja tak terduga tahun anggaran 2021.
Selanjutnya mengenai jembatan Lubuk Kupang, dikatakan Wawako sudah dianggarkan pada APBD Tahun 2021 sedangkan soal anggaran infrastruktur jalan setapak menuju TPU di Ulu Malus karena keterbatasan dana akibat refocusing pembangunan akan dilaksanakan di tahun mendatang, sementara peremajaan jaringan listrik yang sudah sangat tua akan dikoordinasikan dengan pihak PLN.
Atas saran dan masukan Fraksi Partai Gerindra, Wawako memberikan apresiasi agar Raperda ini dibahas sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku.
Wawako juga memberikan apresiasi kepada Fraksi PDI-P atas saran mengenai pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat belum tepat sasaran atau belum urgensi melalui Musrenbang secara berjenjang harus memperhatikan prioritas sesuai visi dan misi.
Masih kata Wawako mengenai aset terbengkalai seperti GOR Petanang sebagai Sport Center akan menjadi perhatian sedangkan mengenai dana hibah, pengalokasian dan penyaluran sudah sesuai ketentuan yang berlaku.
Kepada Fraksi Partai PKS, Wawako mengatakan upaya penanggulangan Covid-19 dilakukan oleh Satgas Covid-19 dengan OPD terkait meliputi Dinas Kesehatan, RSUD Siti Aisyah, Dinas Sosial Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perhubungan, Damkar, Dinas PUPR, BKPSDM, Perkim, Sat Pol PP, Diskominfo dan Bagian Umum Setda Kota Lubuklinggau.
Menurut Wawako mengenai perlu adanya perbaikan serta monitoring dalam perencanan, pelaksanaan dan pelaporan yang belum optimal sehingga menimbulkan persoalan baru sudah dilaksanakan sesuai ketentuan berlaku, apabila belum sesuai akan diperbaiki.


Lebih lanjut Wawako menjelaskan untuk mengantisipasi kemacetan di Pasar Bukit Sulap akan diatur arus masuk dan keluar.
Demikian pula aset yang diserahkan Kabupaten Musi Rawas, sebagian besar sudah dimanfaatkan akan tetapi perlu biaya besar untuk perbaikan fisik bangunan.
Sedangkan mengenai aset eks Dinas Perhubungan yang berdampingan dengan asrama haji sebagai penyertaan modal dalam bentuk barang dari Pemkot Lubuklinggau dari Bank Sumsel Babel baru tahap pengajuan.
Wawako juga mengungkapkan kepada Fraksi Partai Demokrat telah menerima penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 sedangkan kepada Fraksi Partai Nasdem mengenai peningkatan jalan Padat Karya di Kelurahan Tanah Periuk RT.02 dan pembuatan gapura di Kelurahan Taba Koji serta pembuatan tutup siring dan talud dibelakang Masjid Raya Kelurahan Pasar Permiri akan menjadi perhatian serta disesuaikan dengan keuangan daerah. (*)




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 0
  • Kemarin 0
  • Minggu ini
  • Bulan Ini
  • Total 1003240

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?