Berita

//

Henny : Ayo Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

2021-02-18 06:11:13 Admin Web Portal

Henny : Ayo Sukseskan Pendataan Keluarga 2021
LUBUKLINGGAU-Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Lubuklinggau, Henny Fitrianty menjelaskan pendataan keluarga (PK) 21 merupakan kegiatan untuk menghasilkan data mikro berbasis by name by addres. “PK2021 merupakan kegiatan strategis program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (BanggaKencana),” ujarnya.
Adapun tujuan PK 21 adalah untuk menghasilkan basis data kependudukan, termasuk di dalamnya basis data individu anggota keluarga, basis data keluarga berencana, basis data pembangunan keluarga. Selain itu untuk memperkuat interoperabillitas antar sistem dan data keluarga guna mewujudkan peningkatan ketersediaan dan pemanfaatan data keluarga.
“Melalui PK 21 diharapkan mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan pendataan lainnya seperti pemuktahiran data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). PK 21 perlu dilakukan untuk mendukung perumusan intervensi kepada keluarga yang lebih baik dan tepat sasaran pasca pandemi Covid-19 khususnya di daerah 3T,” paparnya.
Dikatakan pula, sasaran PK 21 adalah keluarga dan keluarga khusus . Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari: suami, istri, atau; suami istri dan anaknya, atau ayah dan anak, atau ibu dan anak (UU Nomor 52 Tahun 2009).
Sedangkan keluarga Khusus adalah keluarga yang tidak memenuhi definisi keluarga, namun memiliki hubungan keluarga sesama anggotanya. Misalnya kakak dan adik tanpa orang tua, seorang kakek atau nenek dan cucunya atau seorang diri.
Terkait metode PK, menurut Henny dilakukan melalui metode SENSUS dengan mendata seluruh keluarga di Indonesia dengan melakukan kunjungan rumah ke rumah dengan teknik pengumpulan dan pengolahan data menggunakan formulir F/I/PK/21.
“Pengolahan data dilakukan di tingkat kecamatan dengan memanfaatkan Balai Penyuluhan,” tandasnya.
Pengumpulan data juga bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Data diinput langsung oleh kader dengan aplikasi berbasis smartphone. (*)




Berita terkait:


Kunjungan Kerja dari Menteri Perhubungan RI Bapak Budi Karya Sumadi

Pembukaan MTQ XXVII Tingkat Provinsi Sumatera Selatan

Ayo Ikuti Pekan Ceria Dengan Mendongeng

Hadiri Pelantikan IGI, Walikota Tantang IGI Gelar Rakornas di Lubuklinggau

Pekan Ceria Digelar Setiap Awal Bulan

Kemah Dongeng Ke-19 di Kota Lubuklinggau

56 Peserta Ikuti Kemah Dongeng di Rumah Wanita Kota Lubuklinggau

Wawako Buka jrNBA Curriculum Training Workshop South Sumatera 2017

Walikota Nobar G30S/PKI Bareng Warga, Dandim, Ketua DPRD dan Sekda

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kota Lubuklinggau Khidmat


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 3141
  • Kemarin 2504
  • Minggu ini 19006
  • Bulan Ini 70365
  • Total 908228

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?