Berita

Wawako Ajak Insan Pers Cegah Berita Hoaks

2019-09-10 02:18:49 Admin Web Portal


Wawako Ajak Insan Pers Cegah Berita Hoaks
*Disampaikan Saat Konferensi PWI Kota Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU-Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar menghadiri acara Pembukaan Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Lubuklinggau periode 2019 - 2022 di Hotel Cozy Kota Lubuklinggau, Senin (9/9/2019).

Dalam arahannya, H Sulaiman Kohar menyampaikan permohonan maaf dari Wali Kota Lubuklinggau karena tidak bisa menghadiri acara konferensi PWI secara langsung.
Menurut Wawako ada beberapa hal yang perlu disampaikan menyikapi pesatnya perkembangan arus informasi akhir-akhir ini. Dikatakannya, setiap saat kita kebanjiran berita. Ada berita baik, berita kriminal ataupun berita tidak baik maupun berita hoax. Khusus berita hoaks, wawako mengajak semua pihak untuk mencegahnya karena bisa merugikan orang lain.

Ia juga bepesan dalam menghadapi isu yang berkembang atau berita yang tersebar di masyarakat medialah yang pertama dalam meluruskan hal-hal yang tidak benar ataupun isu-isu yang berkembang itu sesuai dengan kenyataan yang ada. Oleh karena itu para jurnalis dituntut untuk propisional.

Wawako berharap konferensi ini berjalan dengan lancar dan tertib. Berbeda pilihan itu tidak apa-apa, yang penting siapa pun yang terpilih, kita harus mendukungnya dengan sepenuh hati. Hal paling penting adalah bersinergi ikut membangun Kota Lubuklinggau menjadi lebih baik. “Siapa pun yang terpilih nantinya, saya ucapkan selamat semoga tujuannya membawa PWI ke arah yang lebih baik menjadi kenyataan,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam sambutannya sebelum membuka acara, Ketua PWI Provinsi Sumsel, H. Firdaus Komar dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang bertugas di Kota Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara yang mensupport PWI Kota Lubuklinggau menggelar konferensi ini.

Bahkan Firdaus Komar, sempat menyinggung rencana PWI Sumsel untuk menggelar peringatan Hari Pers Nasional Tingkat Provinsi Sumsel di Kota Lubuklinggau.
Terkait konferesi ini merupakan aturan diorganisasi. Yang membuat PWI Kota Lubuklinggau maupun kabupaten Musi Rawas adalah PWI Pusat jadi PWI ini terhubung langsung ke PWI pusat. “Siapapun terpilih nantinya, harus kita support dan tugas wartawan adalah dituntut harus memverifikasi dan mengklarifikasi berita,” kata Firdaus Komar.

Masih menurut Firdaus Komar, di Kota Lubuklinggau media online memang sangat banyak tetapi tugas PWI lah yang mengambil peran agar skill wartawan masuk dalam pembuatan berita dan kerjanya profesonal dan juga masuk standar jurnalistik.
PWI tugasnya banyak, salah satunya meningkatkan skill para wartawan sehingga menjadi SDM yang unggul dan masuk standar dewan pers. PWI juga mengarahkan ke arah yang benar dalam penyampaian berita kepada masyarakat.
Ada pun tugas wartawan juga berkontribusi untuk membantu pemerintah memajukan bangsa ini, namun pada sisi lain wartawan juga tidak bisa berdiri sendiri dan harus bersinergi dengan pemerintah agar terwujudnya Indonesia lebih baik lagi.

Konferensi PWI Kota Lubuklinggau ini mengangkat tema mewujudkan Jurnalis Profesional Mandiri dan Bertanggungjawab.
Ikut hadir dalam acara pembukaan tersebut, Sekda kabupaten Musi Rawas Utara, Alwi Roham, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, H. Nobel Nawawi, Polres Kota Lubuklinggau diwakili Kasubbag Humas, Junaidi, Polres Musi Rawas Diwakili Kasubag Humas, Madaroji, Perwakilan Dandim 0406, Adi Rozali, Kadis Kominfo Kabupaten Musi Rawas, M Rozak.




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 422
  • Kemarin 809
  • Minggu ini 2200
  • Bulan Ini 15014
  • Total 242128

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?