Berita

//

Pj Wako: Angka Stunting Harus Kembali Normal

2024-05-13 01:07:07 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa membuka kegiatan rembuk stunting tingkat Kota Lubuklinggau di Hotel Cozy Lubuklinggau, Rabu (8/5/2025).
Dalam sambutannya, H Trisko Defriyansa mengatakan kegiatan hari ini bertajuk rembuk atau musyawarah bersama antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota yang dikuti seluruh stakeholder terkait dalam pengendalian stunting supaya angka stunting di Kota Lubuklinggau bisa ditekan.
Kalau mengacu dari hasil survei lanjutnya, hampir semua kota di Provinsi Sumsel seperti Pagar Alam, Prabumulih, Palembang termasuk Lubuklinggau angka stunting-nya cenderung mengalami kenaikan.
Persentase angka stunting Kota Prabumulih berada diangka 15 persen, Kota Lubuklinggau (17 persen), Kota Palembang (18 persen) dan Pagar Alam 23 persen.
“Padahal sebelumnya persentase angka stunting di daerah yang saya sebutkan diatas, semuanya rendah,” tandas dia.
Menurut Pj Wako sebanyak 16.019 balita menjadi sasaran pengukuran stunting. Dari jumlah itu, 14.783 sudah diukur dan tinggal 1,43 persen lagi. “1,43 persen ini harus dicari dan diukur ulang,” tegasnya.
Pada awal tahun lalu, sudah dilakukan penyerahan surat keputusan dalam rangka rembuk stunting yang pertama. Kepada Kepala DPPKB berikan laporan sekolah mana yang sudah bergerak sesuai amanat, sudah sejauh mana kontrolnya baik supervisi maupun monitoring terhadap stunting yang telah dilakukan.
Lebih lanjut dikatakannya, penyelesaian masalah stunting tidak bisa dilakukan secara sendirian perlu sinergitas setiap stakeholder. Oleh sebab itu, perlunya rembuk stunting yang bertujuan menurunkan angka stunting dengan melakukan gerakan secara masif seperti pemberian makanan tambahan maupun bedah rumah dengan memberikan bantuan sanitasi.
“Terima kasih kepada BKKBN yang telah menunjuk Kota Lubuklinggau menjadi tuan rumah kegiatan Hari Keluarga Nasional (HKN) yang rencananya diadakan pada Juli mendatang,” ujarnya.
Terkait hal itu, pada 21 Mei 2024 nanti akan dilakukan ekspos terkait kesiapan peringatan HKN dihadapan Gubernur Sumsel.
Sementara dalam laporannya, Kepala DPPKB Kota Lubuklinggau, Deasy Novia menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan sinergitas dalam percepatan penurunan stunting dengan peserta 200 orang utusan dari lintas sektoral.(*Acm).




Berita terkait:


RS Siloam Silampari di Resmikan Gubernur dan CEO Lippo Group

Riki Junaidi Apel dan Cek Pelayanan RS Siti Aisyah

Berantas Wabah Nyamuk DBD, Pemkot Laksanakan PSN

Sekda Harapkan UHC 95 Persen di Lubuklinggau

Sekda Hadiri Senam Kolosal HUT BPJS ke 50 Kota Lubuklinggau

Riki Junaidi : Ortu Jangan Khawatir Dengan Imunisasi Anak

Sekda : Dengan Akreditasi, Diharapkan Puskesmas Tingkatkan Pelayanan dan Keselamatan Pasien

Evaluasi Hasil Pelaksanaan Imunisas Campak Rubella (MR)

13 Gedung Diresmikan, Wako Harapkan RSSA Terus Termotivasi Berikan Pelayanan Lebih Baik

Lubuklinggau Siap Jadi Kota Sehat


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 983
  • Kemarin 2617
  • Minggu ini 27849
  • Bulan Ini 85642
  • Total 1125942

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?