Berita

//

Asisten I Buka Sosialisasi Aplikasi RME

2023-08-22 13:31:48 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kahlan Bahar membuka acara sosialisasi Aplikasi Rekam Medis Elektronik (RME) kepada Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit dan Praktek Dokter Mandiri di Wilayah Kota Lubuklinggau, di Cinema Hall Lt.5 Kantor Wali Kota Lubuklinggau, Selasa (22/8/2023).



Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor: 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis yang berbunyi bahwa Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) wajib menerapkan Rekam Medis Elektronik  selambat-lambatnya pada 31 Desember 2023.



"Untuk itu kita adakan sosialisasi ini dengan tujuan memberikan pemahaman kepada Fasyankes agar wajib menerapkan Rekam Medis Elektronik (RME) selambat-lambatnya pada 31 Desember 2023," ucapnya.



Tujuan lainnya sambung Erwin, untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, memberikan kepastian hukum dalam penyelenggaraan dan pengelolaan rekam medis, menjamin keamanan, kerahasiaan, keutuhan, dan ketersediaan data rekam medis serta mewujudkan penyelenggaraan dan pengelolaan rekam Medis yang berbasis digital dan terintegrasi.



Senada dengan Kadinkes Lubuklinggau, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kahlan Bahar mengatakan bahwa rekam medis sangat perlu diselenggarakan secara elektronik. 



Berdasarkan PMK Nomor: 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis yang berbunyi bahwa Fasyankes wajib menerapkan Rekam Medis Elektronik (RME) selambat-lambatnya pada 31 Desember 2023.



"Ikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik, semoga dapat meningkatkan kualitas layanan dibidang kesehatan," imbuhnya.



Sementara itu, Direktur PT Strategi Panther Solution, Juanto Budi Raharjo mengatakan aplikasi Rekmed sudah dipakai 200 klinik di seluruh Indonesia dan sudah terdaftar di Kemenkes RI.



"Nanti rekan-rekan langsung bisa mencoba secara gratis selama satu bulan, semoga aplikasi ini bermanfaat dan mempermudah pekerjaan para dokter di Kota Lubuklinggau," ucapnya.



Kegiatan ini diikuti lebih kurang 150 tamu undangan dokter di Kota Lubuklinggau. (*/esa).





Berita terkait:


RS Siloam Silampari di Resmikan Gubernur dan CEO Lippo Group

Riki Junaidi Apel dan Cek Pelayanan RS Siti Aisyah

Berantas Wabah Nyamuk DBD, Pemkot Laksanakan PSN

Sekda Harapkan UHC 95 Persen di Lubuklinggau

Sekda Hadiri Senam Kolosal HUT BPJS ke 50 Kota Lubuklinggau

Riki Junaidi : Ortu Jangan Khawatir Dengan Imunisasi Anak

Sekda : Dengan Akreditasi, Diharapkan Puskesmas Tingkatkan Pelayanan dan Keselamatan Pasien

Evaluasi Hasil Pelaksanaan Imunisas Campak Rubella (MR)

13 Gedung Diresmikan, Wako Harapkan RSSA Terus Termotivasi Berikan Pelayanan Lebih Baik

Lubuklinggau Siap Jadi Kota Sehat


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1797
  • Kemarin 12143
  • Minggu ini 32010
  • Bulan Ini 95562
  • Total 718995

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?