Berita

//

Pj Sekda Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi * Via Zoom Meeting

2022-10-31 08:53:11 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Sekda Kota Lubuklinggau, H Imam Senen didampingi Staf Ahli II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, AH Ritonga mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) dalam rangka pengendalian inflasi di Indonesia via zoom meeting di Command Center, Kantor Wali Kota Lubuklinggau , Senin (31/10/2022).
Menteri Dalam Negeri, M Tito Karnavian dalam kesempatan tersebut mengatakan dinamika pangan dan inflasi menjadi salah satu masalah yang harus segera ditangani, setiap daerah harus berkolaborasi dengan instansi terkait dan satgas pangan agar paham permasalahan inflasi. Dengan kerjasama pusat dan daerah diharapkan dapat mengatasi masalah inflasi tersebut.
Sementara itu, Menteri Pertanian melalui Retno Sri Hartati Mulyandari menyampaikan harus ada strategi baru dan langkah operasional menghadapi krisis pangan global dengan peningkatan produksi, subtitusi impor dan peningkatan ekspor.
Sedangkan Letjen TNI Eko Margiyono, Kasum TNI memastikan TNI selalu mendukung setiap upaya yang dilakukan dan selalu bersinergi agar kegiatan berjalan dengan baik.
Kapolri melalui Satgas Pangan Polri menyampaikan hasil evaluasi satgas pangan, sesuai data inflasi 2022, sektor pangan yang banyak mengalami inflasi, komoditas yang dominan memberikan andil inflasi adalah kelompok transportasi yang memberikan andil 1,08 persen dan komoditas yang dominan memberikan andil deflasi kelompok makanan seperti bawang merah, cabai merah, minyak goreng, tomat, cabai rawit dan ikan segara sebesar 0,08%.
Dia juga menyampaikan optimalisasi peran Satgas Pangan Polri dan langkah-langkah ekstra menjaga stabilitas harga dalam rangka pengendalian inflasi dengan cara monitoring dan pemetaan pangan daerah, pengawasan produksi pangan dari produsen hingga end user, pengawasan rangkaian importasi komoditi pangan dan realisasinya.
Selain iti melakukan pemetaan hambatan distribusi, menjaga keseimbangan distribusi pangan, mengendalikan harga pangan bersama stakeholder dan terakhir penegakan hukum yang bersifat ultimum remedium.
Diikuti juga Sekretaris Diskotiksan Lubuklinggau, Febrio Fadhila, perwakilan Bappeda Litbang , Disprindag, Dinas Koperasi, Dinas Pertanian, Bulog, Polsek Lubuklinggau Barat, Dishub Lubuklinggau.(*/acm).




Berita terkait:


Pelatihan Kewirausahaan Diharapkan Tingkatkan Pengetahuan Pelaku UMKM

Perkembangan Inflasi/Deflasi Juli 2017

IKM Diharapkan Mampu Bersaing Melalui Media Online

Tingkat Inflasi Kota Lubuklinggau 0,06 Persen

Operasi Beras Tekan Harga Pasar

Komoditas Bahan Pangan Penyumbang Inflasi Tertinggi di Lubuklinggau

Lubuklinggau Sudah Ada Rumah Batik dan songket

Inflasi Kota Lubuklinggau Februari 2018 Sebesar 0,88 persen

Riki Junaidi Belanja Perdana di 212 Mart Lubuklinggau

Ketua PKK Kunjungi Pelaku Usaha UP2K


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 2049
  • Kemarin 4012
  • Minggu ini 15356
  • Bulan Ini 2049
  • Total 746560

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?