Berita

//

Asisten Ekbang Buka Sosialisasi Pendataan Usaha Mikro

2022-10-31 07:39:36 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU- Asisten ll Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Kota Lubuklinggau, H Nobel Nawawi didampingi Kepala Bappedalitbang, H Emra Endi Kesuma membuka kegiatan sosialisasi pendataan usaha mikro tingkat Kota Lubuklinggau tahun 2022 di Gedung Cinema Hall Kantor Wali Kota Lubuklinggau, Senin (31/10/2022).
Dalam arahannya, H Nobel Nawawi menyampaikan sebagaimana ketahui sejak tahun 2020, bangsa ini dilanda pandemi Civid-19. Hal itu tentu saja sangat berdampak pada ekonomi. Banyak hal yang tidak dapat dilakukan.
"Mudah-mudahan dengan berakhirnya Covid-19, percepatan pembangunan dapat tercapai guna mengejar ketertinggalan, utamanya pembangunan manusia atau perencanaan pembangunan pada visi dan misi yang menyangkut SDM yang berakhlak," imbuhnya.
Daya saing ekonomi, yang menjadi target adalah mengejar daya saing ekonomi, daya saing teknologi serta persaingan disektor perdagangan. Ini merupakan tantangan untuk mendorong para UMKM memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan usahanya.
Tidak hanya masalah permodalan sambungnya, UMKM dan koperasi, perbandingan koperasi dan perbankan dimana perbankan bunga pinjaman sampai angka 6 persen sedangkan koperasi hanya 2 persen.
Ada juga persoalan pemasaran, yang harus dibangun adalah prinsip kolaborasi guna menyelesaikan permasalahan para UMKM. Kisah-kisa inspirasi juga dapat membantu semangat UMKM.
Kota Lubuklinggau memiliki banyak produk unggulan. Hanya saja banyak orang yang belum tahu apa yang menjadi produk unggulan tersebut.
"Pendataan harus lengkap, apabila tidak lengkap akan mengalami kesulitan. Data akan lebih bermanfaat jika lengkap, bahkan dapat dibuat data digitalnya sehingga dapat diakses oleh lapisan masyarakat.
"Dengan pengelolaan data yang baik, bisa menggambarkan potensi yang ada di Kota Lubuklinggau sehingga dapat menjadi data penunjang dalam menyusun perencanaan bidang ekonomi," pungkasnya. (*Acm).




Berita terkait:


Pelatihan Kewirausahaan Diharapkan Tingkatkan Pengetahuan Pelaku UMKM

Perkembangan Inflasi/Deflasi Juli 2017

IKM Diharapkan Mampu Bersaing Melalui Media Online

Tingkat Inflasi Kota Lubuklinggau 0,06 Persen

Operasi Beras Tekan Harga Pasar

Komoditas Bahan Pangan Penyumbang Inflasi Tertinggi di Lubuklinggau

Lubuklinggau Sudah Ada Rumah Batik dan songket

Inflasi Kota Lubuklinggau Februari 2018 Sebesar 0,88 persen

Riki Junaidi Belanja Perdana di 212 Mart Lubuklinggau

Ketua PKK Kunjungi Pelaku Usaha UP2K


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 3846
  • Kemarin 2784
  • Minggu ini 7905
  • Bulan Ini 42781
  • Total 880644

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?