Berita

Pejabat Pemkot Ikuti Webinar Penguatan Parpol dalam Pencegahan Korupsi

2022-09-17 05:36:13 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Sekda Kota Lubuklinggau, H Imam Senen didampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum, Herdawan dan Inspektur, H Resta Irawan Putra menghadiri Webinar Aksi Penguatan Partai Politik dalam Pencegahan Korupsi dengan tema : "Cegah Korupsi, Bantuan Parpol Jadi Solusi" di Command Center Lt. 4 Gedung Pemerintah Kota Lubuklinggau Jalan Garuda Kelurahan Kayu Ara Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Jum'at (16/9/2022).
Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron menerangkan, beberapa hal yang harus dibangun dalam pencegahan korupsi yakni sistem integritas partai politik, kajian pencegahan korupsi sektor, mengurai masalah dan mencegah korupsi, mendorong pelaporan dana kampanye kepada KPU dan pengawasannya.
Kemudian lanjutnya, kewajiban pelaporan LKPN bagi peserta Pemilu, koordinasi dan supervisi di daerah, sosialisasi Tipikor kepada penyelenggara Pemilu, kampanye Pemilu bersih; pilih yang jujur, serta penindakan jika ditemukan indikasi tipikor.
"Kalau parpol hanya fokus pemenangan, pemilihan yang bersih, bukan hanya melahirkan pemenang, tetapi juga melahirkan proses yang bersih," kata Nurul Ghufron.
Diantara yang menjadi pembahasan secara merinci adalah sumber dana partai politik, nilai keuangan Partai Politik berdasarkan Praturan Pemerintah Nomor : 1 Tahun 2018 ayat (5) mengenai besaran nilai bantuan keuangan kepada Parpol yang memperoleh kursi baik di pusat, provinsi maupun kabupaten dan kota, pengelolaan keuangan dan proses yang bersih serta evaluasi.
Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 54 tahun 2018 pemerintah telah membentuk Tim Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) oleh KPK bersama lima kementerian.
Hadir juga Kepala DPKAD, Zulfikar, Kadiskominfotiksan, M Johan Iman Sitepu dan perwakilan OPD dilingkungan Pemkot Lubuklinggau.(*/jsh)




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 445
  • Kemarin 1425
  • Minggu ini 24371
  • Bulan Ini 69735
  • Total 2173365

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?