Berita

Asisten l Buka FGD BEM Nusantara Daerah Sumatera Selatan

2022-05-21 06:10:23 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Lubuklinggau, Kahlan Bahar didampingi Kaban Kesbangpol, Firdaus Abki membuka Forum Grup Diskusi (FGD) BEM Nusantara Daerah Sumatera Selatan di Kota Lubuklinggau dengan tema "Membentuk Jiwa Nasionalisme dan Integritas Mahasiswa Menuju Indonesia Emas 2045", bertempat di Aula Bandiklat Kota Lubuklinggau, Sabtu (21/5/2022).

Dalam arahannya Kahlan Bahar mengatakan atas nama Pemkot Lubuklinggau dirinya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus BEM Bumi Silampari (Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Rawas Utara) yang telah melaksanakan kegiatan ini.

Menurutnya, tidak dapat dipungkiri bahwa peran mahasiswa atau pemuda sejak negara ini berdiri memang sungguh berarti, dimana banyak peristiwa perubahan arah bangsa ditentukan oleh pemikiran dan pergerakan mahasiswa, sehingga tepat sekali jika mahasiswa sering disebut sebagai agen perubahan.

Dikatakan pula, gerakan mahasiswa sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari pergerakan bangsa. Memang bukan hal mudah bagi mahasiswa untuk membagi waktu serta pikiran antara kepentingan meraih prestasi akademis dengan terus aktif dalam organisasi seperti badan eksekutif atau BEM.



Tetapi sebagai orang terdidik, pilihan itu harus tetap diambil dan mampu dibangkitkan dengan meraih prestasi akademik, sementara disisi lain tetap menjadi aktivis.

FGD adalah sebuah metode riset kualitatif yang paling terkenal sehingga FGD digunakan sebagai diskusi terfokus yang membahasa masalah-masalah ataupun persoalan-persoalan tertentu dengan suasana informal dan santai.

Diharapkan, hasil diskusi dapat mempererat antara elemen mahasiswa dan masyarakat yang pada akhirnya melahirkan kesepakatan dan pengertian baru terkait isu atau persoalan yang dibahas. 

“Jangan jadikan perbedaan pendapat membuat kita semua terpecah belah karena perpecahan merupakan kejahatan yang bisa meruntuhkan bangunan keharmonisan dan menutupi pintu kebaikan dari penjuru manapun,” pintanya.

Selain itu, Pemkot Lubuklinggau berharap mahasiswa harus berperan aktif dalam pembangunan di Kota Lubuklinggau seperti sumbangan saran, pikiran, mengabdi untuk masyarakat, kritik konstruktif, prestasi dan menjaga situasi kondusif. 

“Peran aktif jangan berhenti pada satu angkatan saja tetapi diharapkan terus ditularkan kepada generasi berikutnya sehingga menjadi sebuah gerakan secara berkesinambungan,” ujarnya.



Dirinya mengajak rekan-rekan mahasiswa untuk memperbanyak dialog dalam memecahkan berbagai persoalan yang ada sedangkan aksi unjuk rasa dalam menyampaikan apresiasi atau kritik dilakukan sebagai jalan terakhir, jika dialog tidak membuahkan hasil karena pemerintah sangat terbuka menerima mahasiswa berdialog selama tidak ada pemaksaan kehendak.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Pelaksana, Syihabudin Ibnu Hambali menyampaikan peserta FGD ini adalah mahasiswa dari 14 kampus yang ada di Provinsi Sumsel. 

Sementara Korda BEM Nusantara Sumsel, Reja Anggara menambahkan  BEM Nusantara menjadi barisan terdepan untuk menyuarakan hak-hak masyarakat.

Sedangkan Bendahara Pusat BEM Nusantara, Aqil Maulida mengatakan hari ini Sumsel mencatatkan sejarah untuk menjadi nomor satu. Mereka sanggup berkerjasama untuk menjadi agen perubahan dan semoga menjadi awal yang lebih baik lagi bagi organisasi BEM Nusantara. 

Dihadiri juga Dandim O406 Lubuklinggau yang diwakili oleh Kapten Caj Fajar BK.Sos, Kasat Intel Polres  Lubuklinggau, Iptu Deni Suherdy, SH, Ketua KPU Lubuklinggau Topandri dan Wakil Rektor III Perguruan Tinggi Al Azhaar Lubuklinggau, Aris Sutrisno, SH.MA. (*/acm)




Berita terkait:


Kunjungan Kerja dari Menteri Perhubungan RI Bapak Budi Karya Sumadi

Pembukaan MTQ XXVII Tingkat Provinsi Sumatera Selatan

Ayo Ikuti Pekan Ceria Dengan Mendongeng

Hadiri Pelantikan IGI, Walikota Tantang IGI Gelar Rakornas di Lubuklinggau

Pekan Ceria Digelar Setiap Awal Bulan

Kemah Dongeng Ke-19 di Kota Lubuklinggau

56 Peserta Ikuti Kemah Dongeng di Rumah Wanita Kota Lubuklinggau

Wawako Buka jrNBA Curriculum Training Workshop South Sumatera 2017

Walikota Nobar G30S/PKI Bareng Warga, Dandim, Ketua DPRD dan Sekda

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kota Lubuklinggau Khidmat


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1113
  • Kemarin 3326
  • Minggu ini 35697
  • Bulan Ini 45705
  • Total 1670371

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?