Berita

//

Pejabat Pemkot Hadiri Kajian Islam Bersama Ustad Abi Makki

2022-03-05 11:49:59 Admin Web Portal

LUBUKLINGGAU-Pengurus Masjid Agung Al-Baari Kota Lubuklinggu mengadakan
kajian Islam bersama Ustad Abi Makki dan ummi, Sabtu (5/3/2022).

Dalam kajiannya, Ustad Abi Makki menyampaikan tentang qolbu atau hati, dimana hati itu bisa berubah-berubah. Jadi keputusan yang ada sering berubah-rubah. Bahkan yang kecil saja bisa berubah apalagi keputusan besar.

“Hati yang kita miliki ada tiga macam. Yakni, hati yang mati, hati yang sakit dan hati yang sehat. Jadi masing-masing kita bisa menilai hati kita termasuk kategori mana, ujarnya.

Dia menjelaskan, hati yang mati adalah hati dibawah kebajikan, dimana hati tidak mau atau tidak terpanggil untuk mengerjakan kebaikan, seperti tidak mau melaksanakan salat.



Kemudian hati yang sakit adalah hati yang hasad (iri). Jadi orang hasad, hatinya tidak tenang. Dia juga mengatakan, yang pertama kali iri adalah iblis dimana iblis iri kepada manusia (Nabi Adam AS) karena Adam diperintahkan Allah SWT untuk menjadi kholifah di bumi.

Dia mengungkapkan, penyakit hati yang lain adalah sombong. Iblis pulalah yang mengajari rasa iri dan sombong. Kenapa iblis merasa iri dan sombong, karena dia merasa lebih hebat dari manusia (Nabi Adam) karena diciptakan dari api sedangkan Adam hanya dari tanah.

Jadi intinya siapa yang memiliki sifat iri dan sombong adalah setara dengan iblis, tandasnya.

Ustad Abi Makki juga menceritakan pada zaman Nabi Musa AS, Iblis menemui Nabi Musa AS dan berkata ingin bertaubat kepada Allah SWT serta meminta kepada Nabi Musa untuk menyampaikan niatnya itu kepada Allah SWT. Lalu Allah SWT berfirman kepada Nabi Musa, bisa saja taubat Iblis diterima asalkan dia (Iblis) mau bersujud kepada Adam. Tetapi tawaran itu ditolak oleh iblis.



Menurutnya, ada enam macam penyakit hati dalam Islam, yakni selain hasad atau dengki, ada juga penyakit sombong, dusta (pembohong), riya nakal (bandel), dan kikir (bakhil).

Sedangkan hati yang sehat adalah hati yang tenang dalam kehidupannya karena taat kepada Allah SWT.

Acara kajian islam ini dihadiri sejumlah pejabat Pemkot Lubuklinhggau, Kasad Binmas Polres Lubuklinggau, AKP M Dadang Rusnandar, Ketua Umum Masjid Agung Al-Baari, Indra Safei serta persatuan masyarakat hijrah.(*/acm).




Berita terkait:


232 JCH Lubuklinggau Siap Diberangkatkan

232 JCH Lubuklinggau Berangkat ke Tanah Suci

Pj Wako Fasilitasi Aksi Damai 317

Asisten I Sambut Jamaah Haji

135 Peserta Ikut MTQ Anak-Anak Kota Lubuklinggau

PD BKMT Lubuklinggau Dilantik

Pelantikan PC BKMT Diisi Tausiah Ustadz Wijayanto

Warga dan Pemerintah Kota Lubuklinggau Sambut Atusias UAS

HAB ke-73, Pemkot Hibahkan 10 Motor Untuk KUA

Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-4 Tingkat Kota Lubuklinggau di Masjid Agung As-Salam Berlangsung Meriah.


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1046
  • Kemarin 2667
  • Minggu ini 3713
  • Bulan Ini 11205
  • Total 755716

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?