Berita

Dinas PUPR Launching Aplikasi SIMDATRI

2018-07-11 11:52:06 Admin Web Portal





DALAM melaksanakan pembangunan dan peningkatan taraf hidup masyarakat Kota Lubuklinggau, pemerintah kota Lubuklinggau tentunya tidak bisa menjalankan program-program kerja dengan baik tanpa data.




Sebab, data merupakan unsur utama dalam penentuan perencanaan dan target pembangunan yang menuntut pemerintah untuk professional dalam pengelolaanya.  Digitalisasi saat ini juga gencar dilaksanakan pada proses pengelolaan data, terlebih lagi data yang bersifat dinamis akan menuntut kemudahan dalam penginputan dan pembaharuan data sehingga tersusunlah database yang lengkap dan valid.




Untuk itu, pemerintah kota Lubuklinggau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuat aplikasi Sistem Informasi Infrastruktur Dasar Terintegritas (SIMDATRI).




Dijelaskan Kepala Dinas PUPR, Nobel Nawawi melalui Sekretaris, Achmad Asril bahwa SIMDATRI adalah sistem layanan informasi yang menyediakan informasi data base pembangunan kemajuan pekerjaan dan dapat dicetak sebagai informasi data base tertulis. 




“Pembangunan dan pengembangan serta implementasi SIMDATRI ini diperlukan karena aplikasi ini merupakan instrumen modernisasi informasi data kegiatan pengendalian pekerjaan konstruksi yang sangat strategis sebagai upaya untuk  mengembangkan penyelenggaran e-Government,” jelas Asril usai lakukan launching SIMDATRI di kantor Dinas Kominfo, Kota Lubuklinggau. Rabu (11/07/2018).






Dilanjutkannya, Mobilisasi yang dilakukan untuk keberhasilan proyek ini adalah melakukan konsolidasi dengan seluruh stakeholder dan dijalankan secara berkesinambungan sebagai strategi  dalam menjamin ketersediaan pelayanan data base. 




“Hal ini berhasil menggalang seluruh stakeholder untuk memberikan dukungan baik yang latent, maupun menguatkan dukungan para pihak yang sudah promoters, sehingga di akhir proyek perubahan sudah tidak ada yang resisten,” katanya.




Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan  mampu mewujudkan terimplementasinya sistem informasi infrastruktur dasar terintegrasi sebagai sistem perencanaan dan pengendali pelaksanaan pekerjaan konstruksi di Kota Lubuklinggau dengan terpenuhinya target capaian jangka pendek, yaitu tersedianya Aplikasi SIMDATRI beserta Standar Operasional Prosedur (SOP), dan telah diimplementasikan pada bidang bina marga pilot project yang berjalan dengan baik. 




“Dari hasil implementasi, sudah mulai terlihat peran SIMDATRI dalam mempermudah kinerja stakeholder baik dalam perencanaan dan pengendalian program Pemerintah Kota Lubuklinggau.


Proyek perubahan ini perlu terus disempurnakan untuk mewujudkan pengelolaan data infrastruktur  yang terintegrasi,  berbasis Informasi Teknologi dan bermanfaat bagi pembangunan, dan aplikasi ini sangat didukung penuh oleh Kepala Dinas PUPR dan beliau juga sudah mengapresiasi ini,” tandasnya.(Admin)





Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 227
  • Kemarin 224
  • Minggu ini 1858
  • Bulan Ini 5037
  • Total 69988

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?