Berita

Wako dan Forkompimda Panen Semangka di Lahan MFP * Milik Kodim 0406 Lubuklinggau

2022-01-25 09:27:18 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe bersama Forkopimda mengadakan kegiatan bertajuk Milenial Farming Park (MFP) Kodim 0406 Lubuklinggau dalam rangka panen Semangka, bertempat di Kelurahan Rahma Kecamatan Selatan l Kota Lubuklinggau, Selasa (25/1/2022).

Hadir juga Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Inf Erwinsyah Taufan, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Nuryono dan Kajari Lubuklinggau, Willy Ade Chaidir

Dalam kesempatan tersebut, wali kota mengatakan MFP milik Kodim 0406 Lubuklinggau berada diatas lahan seluas lebih kurang 15 hektar, dimana secara teknis penanamannya menggunakan pupuk milik Kodim 0406 Lubuklinggau. 

Selain kegiatan MFP, pada kesempatan yang sama juga dilakukan peninjauan lokasi sebagai persiapan menyambut kedatangan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jend TNI Dudung Abdurachman ke Kota Lubuklinggau. 


MFP memiliki potensi bagus karena dapat dibuat menjadi peternakan dan perkebunan. Apalagi di atas lahan tersebut sudah ditanami keladi beneng.

Talas beneng adalah tanaman yang dipilih KSAD karena secara ekonomi memiliki nilai jual serta mudah ditanam. Selain itu, daunnya juga bisa diolah menjadi tembakau dan cerutu, sementara talas atau umbinya bisa dibuat tepung dan keripik.

Kemudian pengolahannya bisa dilakukan secara tradisional tidak mesti melalui pabrik. Oleh karena itu, Wako berharap peluang ini dapat dimanfaatkan oleh UMKM yang ada di Kota Lubuklinggau.

Kodim 0406 Lubuklinggau sebagai pihak yang diberi tanggungjawab untuk mengelolanya, melibatkan masyarakat sebagai penggarap dengan tujuan jangan sampai dikelola orang lain.
 

Sementara itu, Dandim Dandim 0406 Lubuklinggau Letkol Inf Erwinsyah Taufan melaporkan tanah yang dipercayakan Pemkot Lubuklinggau kepada Kodim 0406 Lubuklinggau dinamai MFP Kodim 0406 Lubuklinggau. 

Direncanakan, di lokasi ini akan dibuka lahan dengan luas dua hektar sebagai tempat latihan buat atlet Lubuklinggau. Selain itu akan dijadikan lokasi wisata edukasi dan pertanian.  

“Disini sudah ada tanaman pisang, jeruk, aneka sayuran seperti kangkung, talas bening dan lain sebagainya,” ujar Dandim.

MFP Kodim 0406 Lubuklinggau menggunakan konsep alam dan natural. Kedepan akan dibuat pembibitan ikan juga. Apabila budidaya talas beneng berhasil akan dijadikan sumber penghasilan bagi masyarakat Kota Lubuklinggau.  

Kapolres Lubuklinggau AKBP Nuryono dan Kajari Lubuklinggau, Willy Ade Chaidir menyampaikan mengenai vaksinasi booster sudah berjalan sekitar satu persen lebih. Direncanakan kedepan akan dilakukan vaksinasi booster ke seluruh masyarakat Kota Lubuklinggau.

Sedangkan pelaksanaan vaksin untuk anak usia 6-11  tahun sudah berjalan sekitar 59,8 persen dari jumlah keseluruhan 25 ribu anak. (*)




Berita terkait:


Pelatihan Kewirausahaan Diharapkan Tingkatkan Pengetahuan Pelaku UMKM

Perkembangan Inflasi/Deflasi Juli 2017

IKM Diharapkan Mampu Bersaing Melalui Media Online

Tingkat Inflasi Kota Lubuklinggau 0,06 Persen

Operasi Beras Tekan Harga Pasar

Komoditas Bahan Pangan Penyumbang Inflasi Tertinggi di Lubuklinggau

Lubuklinggau Sudah Ada Rumah Batik dan songket

Inflasi Kota Lubuklinggau Februari 2018 Sebesar 0,88 persen

Riki Junaidi Belanja Perdana di 212 Mart Lubuklinggau

Ketua PKK Kunjungi Pelaku Usaha UP2K


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 922
  • Kemarin 3326
  • Minggu ini 35506
  • Bulan Ini 45514
  • Total 1670180

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?