Berita

Wako: Label Halal Beri Kepercayaan Konsumen • 44 UMKM Terima Sertifikat Halal

2022-01-19 08:35:49 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menghadiri acara penyerahan Ketetapan Halal Gratis LP-POM MUI kepada 44 UMKM Kota Lubuklinggau dalam rangka mewujudkan Lubuklinggau Kota Halal, bertempat di Gedung Eks Auditorium Pemda, Rabu (19/1/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua MUI Kota Lubuklinggau, KH Syaiful Hadi, Majelis Pertimbangan MUI, H Ibnu Amin, Kadisperindag, H Surya Dharma, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Emra Endi Kusuma,  Kabag Kesra, M Tarmizi, Perwakilan Komisi Fatwa MUI Lubuklinggau, H Atiq Fahmi dan Indra Syafe'i.

H SN Prana Putra Sohe menerangkan, produk UMKM di Kota Lubuklinggau tak hanya dibeli oleh masyarakat Lubuklinggau saja, tetapi juga dari luar daerah. Maka dari itu peningkatan kualitas dan juga label halal sangat diperlukan. 

"Label halal ini memberi keyakinan dan kepercayaan masyarakat untuk mengkonsumsi makanan dari Lubuklinggau," kata Wako. 


Diakuinya, masa pandemi mengakibatkan banyak program dan event tertunda pelaksanaannya. Hal ini tentu sangat berdampak bagi perkembangan ekonomi masyarakat. 

Selagi pandemi berlangsung produk dari Lubuklinggau terus ditingkatkan kualitasnya, bersama MUI yang juga berperan aktif dalam pembangunan perekonomian Lubuklinggau seperti program pemberian SEHATI ini. 

"Semoga kedepan, seluruh UMKM mendapat sertifikat gratis. Namun, tetap ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi jika memang program ini telah berjalan," jelasnya.

Perwakilan Komisi Fatwa MUI Lubuklinggau, H Atiq Fahmi menerangkan, sebanyak 44 UMKM menerima Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI). Hal ini selaras dengan program Lubuklinggau sebagai Kota Halal. 


"Biaya untuk mendapatkan sertifikat halal UMKM cukup besar. Terlebih bagi UMKM yang juga terdampak pandemi. Maka dari itu bersama Pemkot Lubuklinggau, LP POM dan MUI memberikan program SEHATI ini secara gratis," jelasnya. 

Ketua MUI Kota Lubuklinggau, KH Syaiful Hadi menambahkan SEHATI merupakan program perdana dengan tujuan memastikan Lubuklinggau Kota Halal. "Pemkot Lubuklinggau dalam menjalankan pemerintahan tidak hanya fokus kepada pembangunan fisik semata, dari kami tentunya siap mendukung Lubuklinggau menjadi kota yang berkah dan halal," katanya.

Disampaikan pula, ada banyak sekali keistimewaan makanan halal, diantaranya menjadikan hidup jadi berkah dan doa-doa bisa diharapkan menjadi terkabul. 

KH Syaiful Hadi juga menyarankan kepada UMKM yang belum memiliki sertifikasi halal agar segera mengurus sertifikasi halal agar masyarakat tidak ragu-ragu lagi. (*)




Berita terkait:


Pelatihan Kewirausahaan Diharapkan Tingkatkan Pengetahuan Pelaku UMKM

Perkembangan Inflasi/Deflasi Juli 2017

IKM Diharapkan Mampu Bersaing Melalui Media Online

Tingkat Inflasi Kota Lubuklinggau 0,06 Persen

Operasi Beras Tekan Harga Pasar

Komoditas Bahan Pangan Penyumbang Inflasi Tertinggi di Lubuklinggau

Lubuklinggau Sudah Ada Rumah Batik dan songket

Inflasi Kota Lubuklinggau Februari 2018 Sebesar 0,88 persen

Riki Junaidi Belanja Perdana di 212 Mart Lubuklinggau

Ketua PKK Kunjungi Pelaku Usaha UP2K


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1194
  • Kemarin 3326
  • Minggu ini 35778
  • Bulan Ini 45786
  • Total 1670453

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?