Berita

Diskominfo Gelar Rapat Pengintegrasian Aplikasi OPD ke Portal Smart City

2021-10-14 05:53:02 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Lubuklinggau menggelar rapat pengintegrasian aplikasi OPD ke Portal Smart City (SSC). Rapat tersebut dilaksanakan di Op Room Dayang Torek, Perkantoran Pemkot Lubuklinggau, Kamis (14/10). 

Kadis kominfo, Erwin Armeidi didampingi Sekretaris Dinas, Febrio Fadilah dan Kabid Telematika, Nata Suryapati menjelaskan Silampari Smart City (SSC) akan dilaunching pada peringatan ke-20 HUT Kota Lubuklinggau, pada 17 Oktober 2021 mendatang. 

"Silampari Smart City isinya kumpulan aplikasi di OPD. Ada pula data statistik sektoral. Dinas Kominfo sendiri merupakan wali data dan OPD disini adalah sebagai produsen data. Selain itu kami juga masih mengumpulkan beberapa aplikasi dari pusat, seperti informasi harga pangan dan lain sebagainya," jelasnya. 


Erwin mencontohkan, seperti aplikasi pada Dinas Pendidikan (Disdik), nantinya akan tergambar jumlah guru, jumlah sekolah dan lain-lain, itu adalah data statistik sektoral di Disdik. 

"Sebagai informasi juga, kita membangun dua Command Center (CC). Pertama di Pemkot, kedua di Mapolres Lubuklinggau. Yang di Mapolres sebagai pemantauan keamanan serta arus lalulintas," katanya. 

Erwin juga memaparkan, di CC Pemkot Lubuklinggau nantinya akan connect di CCTV yang ada di OPD. "Namun masyarakat tidak bisa melihat semua titik CCTV, yang di jalan-jalan saja," ungkapnya.
Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Kgs Effendi Fery mengatakan dari 39 OPD, saat ini baru 20 OPD yang telah memiliki aplikasi. 

"Saat ini, aplikasi sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi Kota Lubuklinggau adalah kota jasa. Makanya, ini adalah bentuk inovasi," ujarnya. 

Diharapkan, menjelang HUT Kota, akan ada penambahan aplikasi sehingga lebih mudah nantinya terutama pada OPD pelayanan. "Karena pelayanan kita harus cepat, itu harapan pak wali," tutupnya. (*)




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 1346
  • Kemarin 1805
  • Minggu ini 21276
  • Bulan Ini 0
  • Total 1265977

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?